PEMBAHARUAN :

............ Bagi siswa siswa kelas X, kata sandi telah diperbaharui pada 8-4-2016, yang mau posting di Blog SMK Bukateja (Blog siswa) harap menghubungi nomor : 081391031086

Selasa, 05 April 2016

JENDRAL SOEDIRMAN INSPIRASI PAHLAWANKU


Nama lengkap beliau adalah raden soedirman. Jendral Soedirman lahir di desa Bodas, Karangjati pada tanggal 24 januari 1916. Ayah beliau bernama Karsid Kartowirodji dan ibunya yan bernama siyem.jendral soedirman dirawat oleh raden tjokrosoenajo dan istrinya toeridowati.
jendral soedirman terpilih menjadi panglima besar TKR(tentara keamanan rakyat). pada tanggal 19 desember 1948 belanda melancarkan agresi militer untuk menduduki yogyakarta. tentara belanda juga menjatuhkan bom di pasar tradisional. jendral soedirman meminta izin pada istrinya yang sedang hamil danjuga pada anak-anaknya. jendral soedirman juga menemui presiden soekarnodan mengajaknya agar ikut bersama jendral soedirman pergi kehutan karena jendral soedirman takut kalau mereka akan dibunh oleh belanda.tetapi soekarno tidak mau sebab dia ingin menyelesaikannya dengan jalan perdamaian. akhirnya endral soedirman memimpin perang gerilya denan pejuang yang lain.ketika mereka sedang beristirahat tiba-tiba ada seorang pejuang yang memberitahukan bahwa soekarno dan hatta ditangkap dan diasingkan oleh belanda di pulau Bangka. dengan dibawa oleh pejuang dengan tandu jendral soedirman masih tetap semangat memimpin perang gerilya walaupun beliau sedang sakit parah. jendral soedirman dan para pejuang lain bermalam di hutan dan rumah warga.tentara belanda juga masih tetap mencari jendral soedirman.diradio jendral soedirman mengatakan "MERDEKA" tentara belanda langsung menjatuhkan bom. walaupun jendral soedirman dan ejuang lain kelaparan tapi mereka tetap mempunyai jiwa dan semangat yang besar untuk seluruh rakyat indonesia. Soekarno hatta berjuang dimeja bundar melalui perundingan dan jendral soedirman berjuang melalui perang gerilya. ada seorang pejuang indonesia yang dikepung oleh belanda dan dia ditembak beberapa kali tapi tetap dia mengatakan "MERDEKA" hingga meninggal.sri sultan meminta jendral soedirman untuk pulang tetapi dia tidak mau meninggalkan perang gerilya itu dia tetap berjuang sampai dia wafat pada tanggal 29 jnuari 1950 dan dimakamkan di taman makam pahlawan semaki.


Pengirim :   1. Apri yuliana
                   2. Ayu mustika ningrum
Kelas       :  X TGB 1