PEMBAHARUAN :

............ Bagi siswa siswa kelas X, kata sandi telah diperbaharui pada 8-4-2016, yang mau posting di Blog SMK Bukateja (Blog siswa) harap menghubungi nomor : 081391031086

Kamis, 21 April 2016

PAHLAWAN INDONESIA ASLI PURBALINGGA

Jendral soedirman lahir didesa bodas karangjati,purbalingga pada tanggal 24 agustus 1916. Dengan nama lengkap raden soedirman. beliau anak dari seorang ayah karsid kartowirodji dan seorang ibu siyem. jendral soedirman dirawat oleh raden tjokrosopnarjo dan istrinya toeridowati.
Jendral soedirman mengeyam pendidikan di HIK. Beliau belajar ditempat tersebut selama 3 tahun. Hal ini beliau bisa melakukan setelah bersekolah di wirotomo.
sudirman diangkat menjadi seorang jendral pada umurnya menginjak 13 tahun. beliau merupakan orang termuda dan sekaligus pertama di indonesia.
sejak kecil beliau sudah menyukai organisasi. dimulai dari organisasi disekolah,beliau sudah menunjukan kriteria pemimpin. keaktifan beliau pada pramuka hizbul wafan menjadi kariyaguru sekolah dasar.
jendral soedirman juga pernah masuk dalam belajar militer di PETA (pembelaan tanah air) yang berada dibogor. ketika sudah menyelesaikan di PETA, beliau menjadi seorang komando batalion dan beliau juga menjadi panglima angkatan perang pada 12 november 1945 dikota banyumas.
beberapa perang melawan penjajah telah beliau pimpin. seperti melawan inggris diambarawa,memimpin pasukan untuk membela yogyakarta dari serangan militer belanda II dll.
pada tahun 1950 beliau wafat, karena terjangkit tuberculosis, panglima besar sudirman ini dimakamkan di taman makam pahlawan kusuma negara disemaki,yogyakarta.

nama      : dian khasanatur rohmah
                oktiva dwi astuti